So, semakin luas-lah dunia TI tersebut dan akan semakin banyak pula beberapa bidang yang terkait dengan dunia TI.
Ok, itu tadi hanya pembukaan aja
Ada baiknya kita intip sedikit tentang teknologi informasi itu, ok?
Teknologi Informasi merupakan teknologi yang dibangun dengan basis utama teknologi komputer. Perkembangan teknologi komputer yang terus berlanjut membawa implikasi utama teknologi ini pada proses pengolahan data yang berujung pada informasi. Hasil keluaran dari teknologi komputer yang merupakan komponen yang lebih berguna dari sekedar tumpukan data, membuat teknologi komputer dan teknologi pendukung proses operasinya mendapat julukan baru, yaitu teknologi informasi.
Teknologi informasi disusun oleh tiga matra utama teknologi yaitu :
1. Teknologi komputer, yang menjadi pendorong utama perkembanganteknologi informasi.
2. Teknologi telekomunikasi, yang menjadi inti proses penyebaraninformasi.
3. Muatan informasi ataucontent informasi, yang menjadi faktorpendorong utama implementasi teknologi informasi.
Penemuan teknologi komputer sejak awal
dimakudkan untuk membantu meringankan pekerjaan manusia agar lebih
efektif dan efisien. Perkembangan komputer ini diikuti dengan lahirnya
Internet yang mampu menyebarkan informasi dengan cepat tanpa adanya
batasan ruang dan waktu. Perkembangan teknologi komunikasi juga
mengalami kemajuan yang pesat dari mulai ditemukannyatelegr aph (sistem
komunikasi digital jarak jauh) pada tahun 1835, telepon pada tahun 1876,
sambungan telepon jarak jauh menggunakan satelit pada tahun 1952 hingga
telepon seluler digunakan secara luas pada tahun 1985.
Perkembangan muatan informasi diawali dengan berhasilnya Markoni
membuat radio, ditemukannya kamera gambar bergerak dan televisi. Mulai
tahun 1994 rangkaian kejadian penting dalam perkembangan Teknologi
Informasi bermunculan dengan cepat.
Jenis Aplikasi Teknologi Informasi
Aplikasi teknologi informasi sangat terkait dengan aplikasi
teknologi komputer dan komunikasi data dalam kehidupan. Hampir semua
bidang kehidupan saat ini dapat memanfatkan teknologi komputer. Beberapa
jenis aplikasi tersebut adalah :
1. Aplikasi di bidang sains
Contohnya adalah aplikasi astronomi (perbintangan).
2. Aplikasi di bidang teknik/rekayasa
Contohnya adalah pembuatan robot dengan menggunakan konsep kecerdasan buatan agar robot lebih bijak.
3. Aplikasi di bidang bisnis/ekonomi
Contohnya adalah e-business, e-marketing, e-commerce dan lain-lain.
4. Aplikasi di bidang administrasi umum
Contohnya adalah aplikasi penjualan/distribusi barang, aplikasi penggajian karyawan, aplikasi akademik sekolah dan lain-lain.
5. Aplikasi di bidang perbankan
Contohnya adalah e-banking, ATM, dan m-banking.
6. Aplikasi di bidang pendidikan
Contohnya adalah e-learning (distance learning).
7. Aplikasi di bidang pemerintahan
Contohnya adalah e-government dan aplikasi inventarisasi kekayaan milik negara (IKMN).
8. Aplikasi di bidang kesehatan/kedokteran
Contohnya adalah pemeriksaane kokar diogr af i yaitu suatu
pemeriksaan non invasif untuk menegakkan diagnose penyakit jantung.
Dengan menggunakan alat ini aktivitas otot-otot jantung bisa dilihat
langsung dilayar monitor dan lainnya.
9. Aplikasi di bidang industri/manufaktur
Contohnya adalah simulasi komputer untuk ujicoba atas rancangan sistem baru.
10. Aplikasi di bidang transportasi
Contohnya adalah aplikasi untuk mengatur jadwal penerbangan pesawat terbang.
11. Aplikasi di bidang pertahanan keamanan
Contohnya adalah aplikasi sistem keamanan data dengan enkripsi.
- Sharp Galapagos Tablet Android 5 Inchi & 10.8 Inchi yang bisa jadi e-book reader
Kedua perangkat ini mendukung Wi-Fi dan bisa digunakan untuk surfing web, melihat dokumen PC, bermain game dan berbagi komentar serta rekomendasi mellui aplikasi “social app” yang sudah terinstall.
Toko ebook dari Sharp ini akan menyajikan kurang lebih 30.000 majalah, koran dan buku-buku yang akan tersedia dengan plan service/content saat diluncurkan Desember nanti di Jepang.
- Layar & Aplikasi SpatialView menghadirkan 3D pada iPhone, iPod Touch dan Android
Aplikasi 3DeeCentral untuk iPhone akan muncul pertama sebelum versi Android. Aplikasi ini adalah portal ke toko film online di mana pengguna akan dapat men-download konten yang dirancang untuk bekerja bersama dengan SpatialView 3DeeSlide yang merupakan nama teknologi layar tambahan dengan lensa khusus dari SpatialView untuk menampilkan 3D yang bekerja dalam modus potret dan lansekap dan juga mendukung sentuhan.
Aplikasi iPhone telah disampaikan kepada Apple untuk persetujuan, dengan sebuah aplikasi Android dalam pengembangan juga. Menurut Bisnis Insider, kesan sementara dari solusi Spatialview walau tidak menarik seperti menonton 3D pada layar yang lebih besar namun menganggapnya “mengagumkan” dan merupakan perkembangan menarik untuk segmen smartphone.
Pada awalnya, toko online 3D ini mungkin dibatasi dengan konten terbatas saat peluncuran, namun berdasarkan masukan dan ketertarikan pengguna akan ditambahkan dari waktu ke waktu. Aplikasi dan layar/screen diharapkan akan sudah dipasarkan pada musim gugur 2010 ini. Layar iPhone ini diharapkan dijual dengan harga di bawah $ 20 dan akan bekerja pada iPhone 3G dan 3GS. Layar untuk 4 iPhone, perangkat iPad dan Android juga akan tersedia setelah peluncuran awal.
- Sony Walkman s750 PMP yang ultra slim
Walkman S750 mendukung MP3, WMA, AAC, PCM / WAC, AAC audio serta AVC (H.264/AVC) Baseline Profile, MPEG-4 dan file video WMV. MP3 Player ini memiliki layar QVGA LCD 2-inci dan memiliki radio FM dan perekam suara. Pemutar Walkman baru ini juga menawarkan teknologi SensMe yang menganalisis perpustakaan musik Anda, secara otomatis menciptakan serangkaian 10 saluran bertema; Lyrics Sync, Karaoke Mode, dan Mode Belajar Bahasa.
Sony S750 mendukung output TV melalui A opsional / kabel output V, memungkinkan pengguna untuk menikmati video pada layar dengan cerah resolusi 480 x 720px. Baterai built-in b menawarkan hingga 50 jam pemutaran musik dan 10 jam pemutaran video. Sony Walkman S750 beratnya hanya 55g dan datang dalam warna Hitam, Putih, Biru, Light Pink, dan Gold.
Beberapa produk diatas hanya sebagian kecil dari perkembangan di dunia teknologi informasi, atau bahkan mungkin saat ini ada produk lain yang segera diluncurkan dengan spesifikasi yang lebih tinggi.
Disatu sisi, teknologi memiliki peran memudahkan segala tugas dan bidang kehidupan manusia. Namun, jika dipakai secara berlebihan dan tidak pada porsinya akan membuat kelalaian pada diri. Misal penggunaan media jejaring sosial yang berlebihan akan membuat diri lalai menikmatinya dibanding memikirkan sesuatu yang lebih bermanfaat. Sehingga lebih tertarik menikmati produk yang ada dibanding menciptakan produk baru. Maka sudah selayaknya perkembangan teknologi harus disikapi dengan bijak. Bagaimanapun sebuah teknologi, tentu memiliki dampak, baik secara langsung ataupun tidak.
Penyikapan dengan tepat yang sesuai dengan kebutuhan akan menjadi cara yang bijak dalam menanggapi pesatnya teknologi informasi. Serta menjadikan teknologi tersebut sebagai media pendukung kreatifitas yang positif.